Solusi Isi Flashdisk Kosong Terinfeksi Virus

Solusi Isi Flashdisk Kosong Kena Virus
Kejadian yang saya alami ini sangatlah menyebalkan, baru saja flashdisk 8 gb ditancapkan ke usb komputer, saat dibuka isi flashdisk ternyata tak ada satupun file yang tersisa, alias kosong melompong. Sempat terdiam sesaat, apa yang terjadi dengan flashdisk ini. Mana file penting semua lagi didalam nya ?.

Dengan semangat baru, mulai atur strategi apa yang harus dilakukan, pertama, lihat properties flashdisk dulu apakah benar size flashdisk tidak terpakai 8 gb atau terpakai. Jika teman-teman mengalami hal seperti ini harap jangan panik, tetap tenang. Jangan buru-buru memformat flashdisk kita karena akan menyebabkan isi flashdisk akan hilang selamanya.

file hilang dari flashdisk atau flashdisk kosong ini biasanya disebabkan oleh virus. Virus masuk saat flashdisk kita digunakan di komputer lain selain komputer yang biasa kita pakai. Virus masuk dan mulai beraksi, virus akan menyembunyikan file kita di satu folder dan memberikan atribut "file system" dan "hidden" pada file dan folder kita serta menempatkan file dan shortcut dengan nama file-file kita sebagai pengganti. Shortcut inilah yang akan menginfeksi komputer berikutnya dimana flashdisk ditancapkan.

Saat kita mengakses file kita dari flashdisk pada komputer tanpa software antivirus sama sekali, kita sebenarnya sudah memasukan virus ke komputer tersebut. saat kita panggil file kita, virus pun akan menyebar karena sebelum file kita diakses, virus terlebih dahulu menjalankan program header virus dan menyebarkan tipuannya dengan menyembunyikan file asli di suatu folder yang telah dirubah attributnya sebagai file system dan hidden, setelah itu baru file dijalankan. Sehingga kita beranggapan bahwa file kita hilang.

Berbeda saat kita mengakses file kita di komputer yang telah diinstal antivirus, maka antivirus akan menangkap adanya virus dan virus akan dibuang tetapi tidak mengembalikan file yang sudah disembunyikan oleh virus tersebut dan hasilnya kita mendapatkan flashdisk kita seolah-olah kosong dan kita mulai bingung. Jadi yang membuat flashdisk kita jadi terlihat kosong sebenarnya adalah software antivirus kita sendiri. Lalu bagaimana cara mengembalikan file yang hilang dari flashdisk yang terlihat kosong melompong?.

Kita membutuhkan antivirus yang handal yang biasa saya gunakan yaitu Avast  Antivirus yang telah diupdate virus definitions nya sampai tanggal terbaru, ditandem dengan antivirus lokal Smadav versi terbaru. Avast Antivirus akan mendeteksi virus yang menjangkit flashdisk dan komputer kita. Setelah bersih dari virus, selanjutnya kita  Scan komputer atau flashdisk kita dengan Smadav, dan Smadav ini sebetulnya tidak terlalu handal untuk menangkal virus tetapi dia mempunyai fasilitas untuk mendeteksi adanya file dan folder yang disembunyikan dan akan melaporkan bahwa ada file atau folder yang ter "hidden" di flashdisk, tekan tombol "Unhide All" maka file dan folder tersembunyi akan muncul beserta data kita di dalamnya.

Setelah selesai semua proses tadi , Cabut dahulu flashdisk dari USB lalu kita restart terlebih dahulu windows kita lalu coba jalankan lagi proses scan flashdisk dengan Smadav, untuk lebih meyakinkan diri kita bahwa virus sudah lenyap dan file-file penting kita telah kembali hadir dengan selamat.

 
Link Virus USB lainnya : Virus VBS/jenxcus-Dunihi-Hudini dan Virus BadUSB belum bisa diobati
 
Semoga pengalaman ini bermanfaat buat teman-teman.


Baca juga profil wanita muda cantik segudang prestasi :

0 Response to "Solusi Isi Flashdisk Kosong Terinfeksi Virus"

Posting Komentar