Virus Xsser mRAT, Spyware Canggih Serang Apple iOS

Xssar mRAT (mobile remote access Trojan) adalah spyware canggih yang dirancang khusus untuk menyerang sistem operasi Apple iOS. Ditemukannya Xssar mRAT ini cukup mengejutkan mengingat iOS selama ini dikenal sebagai sistem operasi tertutup yang aman dan bebas dari malware. Spyware canggih Xssar mRAT ini ditemukan Hong Kong.

Berdasarkan hasil penelitian, malware Xssar mRAT ini digunakan sebagai host dari spyware yang ditujukan pada smartphone Android. Hal yang mengejutkan lagi, spyware Xssar mRAT ini dirancang khusus untuk menyerang para pengunjuk rasa di Hong Kong. Hingga kini para ahli keamanan masih belum mengetahui bagaimana serangan Xssar mRAT ini dilakukan.

Lacoon Mobile Secutity, sebuah perusahaan yang bergerak dibidang keamanan mobile mengunkapkan bahwa saat ini pihaknya sedang menyelidiki penyebaran dan sitribusi malware Xssar mRAT ini. Ancaman ini kabarnya berasal dari sebuah aplikasi yang mengaku dirancang untuk mengkoordinasikan manifestasi dan disebarkan melalui tautan yang dikirimkan melalui WhatsApp.

Malware Xssar mRAT yang masuk dalam kategori spyware ini diketahui dapat mengakses informasi sensitif dari perangkat, antara lain adalah daftar kontak, pesan singkat, call log, data sistem operasi, informasi lokasi, dan password. Bahkan spyware Xssar mRAT ini juga menargetkan Apple ID.

Para peneliti keamanan juga menemukan fakta mengejutkan bahwa server C & C (Command and Control) dari Xssar mRAT ini tersimpan pada repositori Cydia sebagai trojan. Cydia sendiri adalah sebuah perangkat lunak yang memungkinkan pengguna iOS menginstal aplikasi di perangkat yang telah di-jailbreak.

Sumber : Sidomi.com

0 Response to "Virus Xsser mRAT, Spyware Canggih Serang Apple iOS"

Posting Komentar