Virus Malware ‘WireLurker’ Menyerang iMac Sekaligus iPhone

Perusahaan keamanan jaringan Amerika, Palo Alto Network Inc telah menemukan jenis malware baru yang menyerang PC Desktop dan sistem operasi mobile Apple. Sistem aplikasi jahat ini telah meningkat drastis yang cepat menginfeksi iPhone dan Mac.

Malware yang dikenal dengan nama “WireLurker” ini bekerja dengan menginstal aplikasi pihak ketiga pada perangkat berbasis iOS dengan sistem yang telah dimodifikasi, infeksi ini bermula dari sambungan konektor kabel USB dari Mac yang menginvasi iPhone.

Pihak Palo Alto Network mengatakan, indikasi penyerangan berasal dari Cina.
Beradasarkan penuluserannya, malware ini tercatat berasal dari toko aplikasi pihak ketiga Cina yang memiliki pengguna yang cukup besar di dalam negeri.

Penyebaran malware ini sendiri melalui aplikasi yang terinfeksi dan mengupload ke app store, yang pada gilirannya download ke komputer Mac. Menurut perusahaan, ada lebih dari 400 aplikasi yang terinfeksi dan telah diunduh lebih dari 350 ribu kali.

“Tidak jelas apa tujuan dari serangan itu. Tidak ada bukti bahwa para penyerang telah membuat atau menyalin sesuatu dari pesan ID dan kontak dari buku alamat pengguna, “ jelas Olson, salah satu tim Palo Alto Network,yang dikutip dari Voanews, Kamis (6/11/2014).

Meski demikian, malware baru ini memungkinkan untuk mengambik ID Apple pengguna atau melakukan sesuatu yang lebih buru atau menginfeksi aplikasi yang ada pada perangkat. Bekerja mirip dengan virus tradisional yang menginfeksi program perangkat lunak komputer.

sumber : tekno.okezone

0 Response to "Virus Malware ‘WireLurker’ Menyerang iMac Sekaligus iPhone"

Posting Komentar