Awas Aplikasi "Freeware" Mencuri Data Anda!

Anda senang menggunakan aplikasi gratisan alias freeware? Sebaiknya Anda berhati-hati saat menggunakan aplikasi yang memasukkan iklan setiap kali pengguna memakainya.
Menurut biro keamanan cyber SnoopWall, aplikasi gratisan yang sudah diunduh lebih dari 10 juta kali itu bisa mencuri data-data sensitif milik Anda.

Aplikasi pencuri tersebut termasuk Super-Bright LED Flashlight, the Brightest Flashlight Free dan Tiny Flashlight+LED.

Data milik pengguna aplikasi freeware itu bisa diberikan kepada pihak ketiga yang sebenarnya mereka tuliskan dalam perjanjian penggunaan. Kebanyakan pengguna akan melewatkan perjanjian penggunaan yang begitu panjang sehingga mereka tidak mengetahui telah menyetujui syarat dan ketentuan yang tertera didalamnya.

Menurut Gary Miliefsky dari SnoopWall, aplikasi-aplikasi itu memudahkan kriminal internet untuk melakukan aksinya.

"Kita semua menjadi korban dengan menginstal begitu banyak aplikasi dalam ponsel pintar serta tablet. Aplikasi ini melakukan "layanan" yang semestinya tidak nmereka lakukan," kata Miliefsky.

Model bisnis yang dilakukan oleh pengembang aplikasi pencuri data yang digratiskan tersebut termasuk menjual data konsumen kepada pihak ketiga.

Untuk menghindari jebakan aplikasi gratisan yang mencuri data-data tersebut, Anda bisa menghindarinya dengan melakukan pemindaian menggunakan aplikasi anti virus yang bisa mengetahui apakah ada aplikasi yang melanggar privasi dengan mengintip data sensitif milik Anda.

0 Response to "Awas Aplikasi "Freeware" Mencuri Data Anda!"

Posting Komentar